Senin, 07 Januari 2013

KOMITMEN MUSLIM



APAKAH YANG HARUS SAYA PERBUAT
JIKA SAYA BERKOMITMEN KEPADA HARAKAH ISLAMIYAH
(Sebuah Ringkasan)

Oleh : Supriyanto

I.             Hidup saya harus saya persembahkan untuk Islam
A.    Tiga Golongan manusia :
1.      Golongan yang hidup untuk dunia. (Qs.45:24)
2.      Golongan yang linglung.
3.      Golongan yang memandang dunia sebagai ladang akhirat.(Qs.6:32)

B.     Bagaimana saya hidup untuk Islam?
1.      Memahami tujuan hidup yaitu beribadah kepada Allah. (Qs.51:56)
2.      Mengetahui nilai dunia dibandingkan dengan akhirat. (Qs.9:38, 3:14)
3.      Memahami bahwa kematian itu pasti, dan menjadikannya sebagai peringatan. (Qs.3:185, 55:26)
4.      Memahami hakikat Islam.
5.      Memahami hakikat jahiliyah.

C.     Sifat-sifat orang yang hidup untuk Islam :
1.      Komitmen kerja dengan Islam. (Qs.2:44,82, 61:2)
2.      Menaruh perhatian terhadap kepentingan Islam.
3.      Berbangga hati dengan kebenaran dan yakin kepada Allah (Qs.3:139)
4.      Mengadakan komitmen dengan orang lain untuk bekerja sama demi Islam.(Qs.5:2)

II.          Saya harus meyakini wajibnya berjuang dalam Islam bagi individu dan jama’ah, baik dari segi prinsip, hukum maupun kebutuhan.

III.       Harakah Islamiyah : tugas, karakter dan perbekalannya.

A.    Tugas harakah Islamiyah adalah menggiring manusia agar menjadi hamba hamba Allah baik sebagai individu, maupun komunitas agar terbentuk masyarakat yang islami dengan hukum-hukum dan doktrin yang bersumberkan kitabullah dan sunnah Rasulullah SAW.

B.     Karakter prinsipil Harakah Islamiyah :
1.      Rabbaniyah (Qs6:162)
2.      Orisinil dan mandiri
3.      Progresif
4.      Paripurna
5.      Menghindari pertentangan fiqh

C.     Karakter lain Harakah Islamiyah :
1.      Jauh dari kungkungan para penguasa dan para politikus.
2.      Langkah-langkah yang bertahap.
3.      Memprioritaskan kerja dan produksi dari pada propaganda
4.      Politik “nafas panjang” karena banyaknya ujian. (Qs.29:13)
5.      Kerja yang terbuka dan struktur yang rahasia.

D. Perbekalan Harakah Islamiyah adalah keimanan yang mendalam kepada Allah (Qs.3:160), manhaj, persaudaraan (Qs.49:10), pembalasan dan jihad.(Qs.9:24, 120)

IV.   Saya harus memahami liku-liku perjuangan Islam dan mengapa saya memilih harakah Islamiyah.

V.       Saya harus memahami dimensi aqidah (Qs.48:10) dan dimensi keterikatan keterikatan sampai akhir hayat (Qs.47:37, 13:17) kepada harakah Islamiyah.

VI.       Saya harus memahami tomggak-tonggak perjuangan Islam, yaitu :
1.      Tujuan yang jelas.
2.      Jalan yang jelas.
3.      Komitmen kepada keduanya.

VII.    Saya harus memahami syarat-syarat bai’at dan syarat-syarat keanggotaan :
1.      Al-Fahm
2.      Al-Ikhlas
3.      Al-Amal
4.      Al-Jihad
5.      At-Tadhiyyah
6.      At-Tho’ah
7.      Ats-Tsabat
8.      At-tajarrud
9.      Al-Ukhuwah
10.  Ats-Tsiqah

______________________________________________________
* Disampaikan dalam Pelatihan Da’i Yayasan Ishlahul Ummah Surabaya, Juli 1998
      * Penulis adalah mahasiswa IKIP Surabaya Jurusan P. Ekonomi Semester VIII


Tidak ada komentar:

Posting Komentar